Home » KELILING DUNIA » Museum Wayang Jakarta
[AF_Horizontal]
[AF_Unit]

Museum Wayang Jakarta

Sunday, June 27th 2010. | KELILING DUNIA, Tempat Wisata Ditulis oleh

Museum WayangMuseum Wayang berada di sekitar Museum Sejarah Jakarta. Museum Wayang ini diresmikan oleh Gubernur Jakarta Ali Sadikin pada tanggal 13 Agustus 1975. Dulunya, disebut Museum Batavia yang dibuka pada tahun 1939 oleh Gubernur Jenderal Belanda, Tjarda van Starkenborgh Stachouwer.

Saat memasuki museum, kita akan disambut sebuah patung bagong. Ketika kita menyusuri lorong museum di sebelah kiri dan kanan kita akan melihat koleksi lampu blencong. Selain itu, juga ada fragmen wayang Bung Karno dan Bung Hatta yang menceritakan tentang perjuangan. Nah, sebelum naik ke lantai dua, anda akan melihat sebuah ruangan audio visual. Biasanya ada pemutaran cerita wayang dalam bentuk video, untuk menggantikan pagelaran wayang asli, yang biasa ditampilkan setiap hari minggu pada minggu kedua, ketiga dan keempat.

Kita lanjutkan penyusuran ke lantai dua. Di sini anda akan melihat berbagai jenis koleksi wayang, seperti wayang kulit purwa, wayang golek, boneka pemeran-pemeran kartun Unyil, wayang dari berbagai Negara, diantaranya dari China, India Selatan, dan Perancis. Selain itu ada juga lukisan kaca wayang, gambar dan sebutan panca indera dalam bahasa Jawa. Masih di lantai dua menuju pintu keluar, anda akan melihat satu set gamelan yang juga dipajang, bersama beberapa koleksi wayang suket dan wayang sulur.

Sambil turun menuju pintu keluar, anda masih akan melihat beberapa koleksi topeng wayang dan wayang krucil. Sebelum keluar meninggalkan museum ini, gak ada salahnya lho anda menyempatkan diri membeli souvenir wayang yang dijual di museum ini, seperti gantungan kunci, wayang kulit atau wayang golek.

Jika anda ke Jakarta dan ingin berkunjung ke Museum Wayang ini, harga tiket masuknya hanya Rp 2.000,- untuk dewasa, dan Rp 600,- untuk anak-anak.

sumber

Related For Museum Wayang Jakarta

Comment For Museum Wayang Jakarta

3 Responses to “Museum Wayang Jakarta”

  1. […] Dan masih banyak tempat bersejarah lainnya seperti museum wayang […]

  2. Salam kenal kembali. Senang sekali web ini dikunjungi oleh orang Spanyol.
    Museum Wayang berlokasi di Jalan Pintu Besar Utara Nomor 27, Jakarta Barat. Gedung yang tampak unik dan menarik ini telah beberapa kali mengalami perombakan. Pada awalnya bangunan ini bernama De Oude Hollandsche Kerk (”Gereja Lama Belanda”) dan dibangun pertamakali pada tahun 1640. Tahun 1732 diperbaiki dan berganti nama De Nieuwe Hollandse Kerk (Gereja Baru Belanda) hingga tahun 1808 akibat hancur oleh gempa bumi pada tahun yang sama. Di atas tanah bekas reruntuhan inilah dibangun gedung museum wayang dan diresmikan pemakaiannya sebagai museum pada 13 Agustus 1975.

    Wah sering ke Jakarta ya, lain kali jalan-jalan juga ke Makassar, nanti saya antar ke tempat-tempat wisata.

  3. Gildo says:

    Ooopppsss, ¿kok saya belum lihat ini museum wayang?. Tahun depan pasti, kalau saya ke Jakarta.
    Berapa banyak orang (spanyol semua) katanya di Jakarta tidak ada apa-apa untuk lihat, hehehehe, mereka tolol betul.
    ¿Ini museum ada di daerah mana?.
    Salam kenal

Leave a Reply


7 × = 56

Museum Wayang Jakarta