Home » KELILING DUNIA » Nasu Palekko, Kuliner Khas dari Tanah Bugis

Nasu Palekko, Kuliner Khas dari Tanah Bugis

Friday, September 2nd 2011. | KELILING DUNIA, Kuliner, Tempat Kuliner Ditulis oleh
Nasu Palekko

Nasu Palekko. Foto: Jumain Sulaiman/Fajar

Jika Anda ingin menikmati wisata kuliner di Ranah Daeng (Kota Makassar), tidak ada salahnya bila mencoba menu tradisional khas daerah Bugis. Salah satunya Nasu Palekko asal Kabupaten Pinrang. Menu ini berbahan dasar itik memberikan sensasi rasa pedas yang berbalut gurihnya daging itik muda. Namun bukan sembarang itik. Untuk mendapatkan rasa yang mantap, dibutuhkan bahan dasar yang benar-benar terpilih.

Pondok Ananda salah satu rumah makan yang ada di kawasan Tello, Antang tidak jauh dari pasar tradisional Tello menghadirkan menu Nasu Palekko dengan rasa original pedas gurih. Kunci resepnya ada pada bahan dasar itik muda yang berusia tertentu. Ini diwajibkan agar keempukan daging itik saat disantap terasa dengan nikmat.

Selain bahan dasar yang terpilih, cara pengolahan makanan juga menjadi trik lain dari Pak Anas Abdullah, pemilik rumah makan Pondok Ananda, untuk memberikan rasa yang nikmat pada pelanggannya. Proses masak yang terlalu lama akan menghilangkan rasa gurih itik muda. Tidak hanya itu, daging yang tadinya sudah empuk akan berubah agak sedikit alot ketika dikonsumsi.

Bila Anda pencinta masakan pedas dan gurih, akan sangat disayangkan bila melewatkan menu Nasu Palekko asal Kabupaten Pinrang ini. Sebab rasanya benar-benar nikmat dan menggugah selera. Untuk dapat menikmati satu porsi Nasu Palekko juga tidak harus menguras kantong dalam-dalam. Di Pondok Ananda cukup berbekal dana Rp 15.000, semangkuk Palekko dan sepiring nasi panas sudah tersedia bagi Anda.

Sebagai pelengkap hidangan, jus terong belanda akan ikut memeriahkan suasana makan Anda. Rasa manisnya pas dan kesegarannya terjaga. Sehingga rasa pedas dan gurih dari Nasu Palekko tadi masih terjaga, meski Anda menikmati hidangan itu sembari mengonsumsi Jus Terong Belanda.

Di rumah makan ini juga tersedia aneka pilihan menu lokal Makassar lainnya, misalnya Nasi Campur dan Nasi Kuning. Kedua jenis makanan ini memiliki tingkat kegurihan yang berbeda. Bila Anda mencari makanan alternatif di kala weekend, kedua menu yang disebutkan di atas dapat dijadikan pilihan.

Sumber: Fajar Online

Incoming search terms:

  • resep dangkot
  • resep dangkot bebek
  • resep dangkot ayam
  • resep ayam dangkot
  • dangkot
  • resep membuat dangkot
  • cara membuat dangkot
  • bumbu dangkot
  • cara membuat dangkot bebek
  • resep bebek dangkot
tags:

Related For Nasu Palekko, Kuliner Khas dari Tanah Bugis

Comment For Nasu Palekko, Kuliner Khas dari Tanah Bugis

Leave a Reply


7 + = 9

Online Support


Nomor HP: 081355077575
PIN BB: 7D865290

Nasu Palekko, Kuliner Khas dari Tanah Bugis