Home » KELILING DUNIA » Soto Bok Ijo Kediri

Soto Bok Ijo Kediri

Tuesday, April 13th 2010. | KELILING DUNIA, Kuliner, Resep Masakan Ditulis oleh

Soto Bok IjoJangan mengaku pernah ke Kediri, kalau belum merasakan kelezatan Soto Bok Ijo. Kelezatan Soto Bok Ijo sudah tidak perlu diragukan lagi. Tidak hanya warga asli Kediri, para pendatang dari berbagai daerah yang pernah tinggal di Kediri, pasti akan selalu kangen dengan nikmatnya Soto Bok Ijo. Semua orang yang pernah tinggal di Kediri, pasti mengenal salah satu kuliner khas Kota Kediri tersebut.

Tidak ada yang tahu secara persis, kenapa soto tersebut diberi nama Soto Bok Ijo. Namun dari cerita turun temurun, istilah Soto Bok Ijo dikenal karena lokasi berjualan para tukang soto tersebut berada di sekitar Bok Ijo. Bok Ijo merupakan bahasa lokal Kediri, yang jika diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia berarti Jembatan Hijau. Namun bagi pendatang luar daerah yang hendak menikmati Soto Bok Ijo, jangan pernah berpikir bakal menemukan Buk Ijo. Lokasi Buk Ijo kini sudah berubah menjadi pertigaan padat lalu lintas, karena posisinya berada di depan Terminal Tamanan Kota Kediri.

Seiring dengan penataan wilayah barat Sungai Brantas, lokasi Soto Bok Ijo, kini dipindahkan ke lokasi baru, yang berada satu areal dengan kompleks Terminal Tamanan Kota Kediri. Tidak kurang dari 25 penjual soto mangkal di lokasi ini. Cukup bersih. Rombong soto dengan beragam bentuk dan warna, ditata rapi. Lokasi ini cukup strategis, karena dilewati jalur transportasi bus antar kota antar propinsi dari arah Jakarta, Solo dan Surabaya. Dengan mobil pribadi, lokasi Soto Bok Jo juga mudah dicapai. Areal parkir juga luas.

Soto Bok Ijo termasuk salah satu makanan khas Kediri. Rasanya memang berbeda dengan soto biasa. Terutama pada rasa dan jenis kuahnya. Jika umumnya kuah soto jernih, kuah Soto Bok Ijo cukup kental. Paduan rempah rempah yang dipadu dengan santan kental. Jadi sangat berbeda dengan Soto Lamongan, ataupun Soto Makasar.

Soto Ayam Bok Ijo ini menawarkan berbagai keunikan. Pertama, porsinya. Soto ayam Bok Ijo, rata rata disajikan dalam mangkuk kecil. Dalam satu mangkok kita akan menemukan nasi, potongan ayam kampung, taoge kecil, irisan kol, seiris jeruk nipis dan tentu saja kecap. Kecapnya khas, tradisional, manis dan kental. Sebagai pelengkap, bisa meminta tambahan bagian lain dari ayam seperti kulit, kepala, jerohan atau ada pula sate telur puyuh.

Ada tambahan unik yang tidak ditemukan di tempat lain, yaitu ayam bakar kecap. Uniknya, yang dibakar adalah bagian tulang ayam yang dagingnya sudah diambil untuk soto. Nah, kelezatan menikmati sisa daging yang melekat di tulang ayam bakar ini sungguh menerbitkan air liur tiap kali menikmatinya bersama sesuap soto ayam panas. Sungguh dahsyat perpaduan soto ayam yang segar dengan manisnya ayam bakar khas soto Bok Ijo. Sangat berbeda dengan jika kita hanya menyantap ayam bakar biasa.

Karena porsinya yang kecil, jangan heran kalau pembeli yang langsung pesan 2 hingga 3 mangkok sekaligus. Maklum, kalau harus pesan satu persatu, antrenya cukup lama. Bisa bisa, bibirr sudah kering, pesanan baru jadi. Yang menarik di setiap mangkuk tambahan yang kita santap, kita akan merasakan sensasi kesegaran soto ayam panas, yang anehnya terasa sangat segar di udara Kota Kediri, yang panas. Soto Bok Ijo rasanya gurih khas Kediri.

Merasakan sensasi Soto Bok Ijo, tidak sebanding dengan uang yang kita keluarkan. Harganya, sangat murah. Untuk satu mangkok Soto Bok Ijo, lengkap dengan nasi dan asesorisnya, kita cukup mengeluarkan uang antara Rp. 2.500 hingga Rp 3.000. Jika ingin ayam bakar, baik kepala, sayap atau kerongkongan, cukup membayar Rp 5.000 sampai Rp 7.500. Kerupuk dalam berbagai rasa serta gorengan usus bisa menjadi pelengkap menikmati Soto Bok Ijo.

Minuman yang tersedia, terdapat es the, es jeruk nipis, serta minuman kemasan botol. Menikmati soto ini enak pas sore sore atau malam hari. Rata rata penjual soto tersebut mulai menggelar jualannya mulai jam 15.00 sampai 00.00. Kalau mampir ke kota kediri, jangan sampai melewatkan Soto Bok Ijo dalam agenda perjalanan anda. Dimana lagi bisa menikmati semangkuk atau mungkin 4 mangkok soto Ayam seger diiringi suara bis yang menderu masuk dan keluar terminal.

Mayoritas penjual Soto Bok Ijo, merupakan warga Kelurahan Tamanan Kecamatan Mojoroto Kota Kediri. Terdapat sekitar 100 penjual Soto Bok Ijo, baik yang mangkal di areal Terminal Tamanan, maupunn di berbagai lokasi lain, seperti Stadion Brawijaya, Jalan Semeru, Jalan Doho maupun di kawasan Alun Alun. Rasanya, hampir seragam, karena hampir semua penjual merupakan saudara. Resep diperoleh dari warisan turun temurun.

sumber

Incoming search terms:

  • bok ijo tamaman

Related For Soto Bok Ijo Kediri

Comment For Soto Bok Ijo Kediri

3 Responses to “Soto Bok Ijo Kediri”

  1. Admin says:

    Ilham: Terima kasih telah berkunjung, siapa tau Pak Ilham juga mau-bagi-bagi tempat kuliner di daerah Pak Ilham, silahkan baca http://keliling-dunia.com/kontributor/

  2. [...] This post was mentioned on Twitter by Suka Berita. Suka Berita said: Soto Bok Ijo kuliner andalan dari Kediri: Jangan mengaku pernah ke Kediri, kalau belum merasakan kelezatan Soto Bo… http://bit.ly/beIckA [...]

  3. ilham says:

    refferensi baru buat kuliner selanjutnya, di jakarta sudah ada belum ya? bagi yang tau please bagi2 infonya

Leave a Reply


6 + 1 =

Online Support


Nomor HP: 081355077575
PIN BB: 7D865290

Soto Bok Ijo Kediri