Home » KELILING DUNIA » Taman Nasional Bantimurung

Taman Nasional Bantimurung

Monday, October 26th 2009. | KELILING DUNIA Ditulis oleh

Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung terletak di Sulawesi Selatan, seluas ± 43.750 Ha. Secara administrasi pemerintahan, kawasan taman nasional ini terletak di wilayah Kabupaten Maros dan Kabupaten Pangkajene Kepulauan (Pangkep). Secara geografis areal ini terletak antara 119° 34’ 17” – 119° 55’ 13” Bujur Timur dan antara 4° 42’ 49” – 5° 06’ 42” Lintang Selatan. Secara kewilayahan, batas-batas Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung adalah sebagai berikut : Sebelah Utara berbatasan dengan Kabupaten Pangkep, Barru dan Bone, Sebelah Timur berbatasan dengan Kabupaten Maros dan Kabupaten Bone, Sebelah Selatan berbatasan dengan Kabupaten Maros dan Sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Maros dan Kabupaten Pangkep.

Di taman nasional Bantimurung, ada beberapa obyek wisata yang dapat dikunjungi, seperti air terjun Bantimurung, Museum Nasional Kupu-kupu, Gua Batu dan Gua Mimpi.

BantimurungAir Terjun Bantimurung merupakan salah satu obyek wisata alam di Sulawesi Selatan yang sangat terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan. Air terjun ini lebarnya sekitar 20 meter dan tingginya sekitar 15 meter, dengan kedalaman air di bawah air terjun antara 0,1-1 meter. Airnya yang jernih dan sejuk meluncur dari atas gunung batu dengan deras sepanjang tahun sangat nyaman untuk kita mandi di sana.
Di bawah curahan air terjun terdapat sebuah tempat pemandian dari landasan batu kapur yang keras dan tertutup lapisan mineral akibat aliran air selama ratusan tahun.

Bukan cuma Museum Nasional Kupu-kupunya, tapi taman ini menjadi habitat berbagai spesies kupu-kupu langka, sehingga orang Belanda pernah menjuluki tempat ini sebagai “Kingdom of Butterfly”. Bahkan, seorang naturalis asal Inggris, Alfred Rassel Wallase, pernah tinggal di kawasan ini selama kurang lebih satu tahun (1856-1857) untuk meneliti 150 spesies kupu-kupu yang hidup di area ini.
Lokasi Bantimurung

Taman Nasional Bantimurung terletak sekitar 30 km dari Bandara Hasanuddin baru, 60 km dari Kota Makassar.

Taman Nasional Bantimurung patut dikunjungi oleh mereka yang punya hobi keliling dunia.

Sumber Foto: indonesia-tourism dot com. detik

Incoming search terms:

  • dua dunio di bantimurung
  • obyek wisata di pangkep
  • peta lokasi wisata bantimurung
  • peta taman nasional di sulawesi
  • TAMAN NASIONAL PERMANDIAN ALAM AIR TERJUNG BANTIMURUNG MAROS
  • taman nasioonal bantimurung
  • tempat wisata di sulwesi selatan
  • wisata sulawesi selatan
tags: , ,

Related For Taman Nasional Bantimurung

Comment For Taman Nasional Bantimurung

One Response to “Taman Nasional Bantimurung”

  1. […] dunia lagi yuk. Dari Bantimurung kita ke Arab Saudi, yaitu Jeddah. Kebetulan di sana ada adik ipar saya, tapi bukan kita berkunjung […]

Leave a Reply


2 − 2 =

Online Support


Nomor HP: 081355077575
PIN BB: 7D865290

Taman Nasional Bantimurung